
Beliau mengatakannya sebagai hadits yang shahih sanadnya, dan disepakati oleh Adz-Dzahabi dan Ibnu Khaldun.
Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu mengatakan: โSanadnya shahih.โ Ash-Shahihah, 4/40, hadits no. 1529)
Kemunculan Al Mahdi
Dalam kitab Tuhfatul Ahwadzi Syarh Sunan At-Tirmidzi disebutkan: โKetahuilah, yang sudah dikenal di kalangan seluruh pemeluk Islam sepanjang masa bahwa di akhir zaman pasti muncul seorang dari ahlul bait (keluarga Nabi Shallallahu โalaihi wa sallam) yang membela agama dan menebarkan keadilan, serta diikuti oleh muslimin. Ia juga menguasai kerajaan-kerajaan Islam. Ia dijuluki Al-Mahdi. Juga tentang keluarnya Dajjal serta tanda-tanda kiamat sesudahnya yang terdapat dalam kitab Shahih, muncul setelahnya. Dan bahwa kemunculan โIsa juga setelahnya, kemudian beliau membunuh Dajjal. Atau โIsa turun setelahnya lalu membantunya untuk membunuh Dajjal kemudian bermakmum kepada Mahdi dalam shalatnya.โ (Kitabul Fitan Bab Ma Ja`a fil Mahdi)
At-Tirmidzi rahimahullahu meriwayatkan dari Zir bin Abdillah radhiyallahu โanhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu โalaihi wa sallam bersabda:
ูุงู ุชูุฐูููุจู ุงูุฏููููููุง ุญูุชููู ููู
ููููู ุงููุนูุฑูุจู ุฑูุฌููู ู
ููู ุฃููููู ุจูููุชูู ููููุงุทูุฆู ุงุณูู
ููู ุงุณูู
ูู
โDunia tidak akan lenyap hingga seorang dari keluargaku menguasai bangsa Arab. Namanya sesuai dengan namaku.โ (HR. At-Tirmidzi no. 2230, Kitabul Fitan Bab Ma Ja`a fil Mahdi, 4/438 dan beliau mengatakan: โHasan shahih.โ Demikian pula yang dikatakan Al-Albani rahimahullahu dalam Shahih Sunan At-Tirmidzi)
Ibnu Katsir rahimahullahu mengatakan: โMunculnya, nanti di akhir zaman. Dan saya kira, keluarnya adalah sebelum turunnya โIsa bin Maryam, sebagaimana ditunjukkan oleh hadits-hadits yang berkaitan dengan hal itu.โ
Terdapat dalam Sunan At-Tirmidzi:
ุฅูููู ููู ุฃูู
ููุชูู ุงููู
ูููุฏูููู ููุฎูุฑูุฌู ููุนูููุดู ุฎูู
ูุณูุง ุฃููู ุณูุจูุนูุง ุฃููู ุชูุณูุนูุง -ุฒูููุฏู ุงูุดููุงููู- ููุงูู: ููููููุง: ููู
ูุง ุฐูุงููุ ููุงู: ุณููููููู.
โSesungguhnya pada umatku ada Al-Mahdi. Ia muncul, hidup (berkuasa) 5 atau 7 atau 9.โ โZaid (salah seorang rawi/periwayat) raguโ. Abu Saโid mengatakan: โApa itu?โ Beliau menjawab: โTahun.โ
ูููููููู ููู ุฃูู
ููุชูู ุงููู
ูููุฏูููู ุฅููู ููุตูุฑู ููุณูุจูุนู ููุฅููุงูู ููุชูุณูุนู
โAkan datang pada umatku Al-Mahdi, bila masanya pendek maka 7 tahun, kalau tidak maka 9 tahun.โ (HR. Ibnu Majah no. 4083)
Dengan perbedaan riwayat ini, maka Ibnu Katsir rahimahullahu mengatakan: โIni menunjukkan bahwa paling lama masa tinggal (kekuasaan)-nya adalah 9 tahun, dan sedikitnya 5 atau 7 tahun.โ (An-Nihayah Fil Malahim wal Fitan, 1/18, Program Maktabah Syamilah)
Sementara Al-Mubarakfuri mengatakan: โYakni, keraguan itu berasal dari Zaid. Sementara dari shahabat Abu Saโid dalam riwayat Abu Dawud: โdan menguasai selama 7 tahunโ tanpa keraguan. Demikian pula dalam hadits Ummu Salamah dalam riwayat Abu Dawud dengan lafadz โmaka dia tinggal selama 7 tahunโ tanpa keraguan. Maka riwayat yang tegas lebih dikedepankan daripada yang ragu.โ (Tuhfatul Ahwadzi, 6/15, Program Maktabah Syamilah)
Ibnu Katsir rahimahullahu mengatakan:
โMunculnya Mahdi dari negeri-negeri timur bukan dari gua Samarra, seperti disangka oleh orang-orang bodoh dari kalangan Syiโah.โ (An-Nihayah Fil Malafim wal Fitan, 1/17, Program Maktabah Syamilah)
Dari Ibnu Masโud radhiyallahu โanhu, ia mengatakan:
ุจูููููู
ูุง ููุญููู ุนูููุฏู ุฑูุณููููู ุงูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ุฅูุฐู ุฃูููุจููู ููุชูููุฉู ู
ููู ุจูููู ููุงุดูู
ู ููููู
ููุง ุฑูุขููู
ู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ุงุบูุฑูููุฑูููุชู ุนูููููุงูู ููุชูุบููููุฑู ูููููููู. ููุงูู: ููููููุชู: ู
ูุง ููุฒูุงูู ููุฑูู ููู ููุฌููููู ุดูููุฆูุง ููููุฑููููู. ููููุงูู: ุฅููููุง ุฃููููู ุจูููุชู ุงุฎูุชูุงุฑู ุงูููู ููููุง ุงููุขุฎูุฑูุฉู ุนูููู ุงูุฏููููููุงุ ููุฅูููู ุฃููููู ุจูููุชูู ุณููููููููููู ุจูุนูุฏูู ุจููุงูุกู ููุชูุดูุฑูููุฏูุง ููุชูุทูุฑูููุฏูุง ุญูุชููู ููุฃูุชููู ููููู
ู ู
ููู ููุจููู ุงููู
ูุดูุฑููู ู
ูุนูููู
ู ุฑูุงููุงุชู ุณูููุฏู ููููุณูุฃููููููู ุงููุฎูููุฑู ูููุงู ููุนูุทููููููู ููููููุงุชููููููู ููููููุตูุฑููููู ููููุนูุทููููู ู
ูุง ุณูุฃููููุง ูููุงู ููููุจููููููููู ุญูุชููู ููุฏูููุนูููููุง ุฅูููู ุฑูุฌููู ู
ููู ุฃููููู ุจูููุชูู ููููู
ูููุคูููุง ููุณูุทูุง ููู
ูุง ู
ูููุฆูููููุง ุฌูููุฑูุงุ ููู
ููู ุฃูุฏูุฑููู ุฐููููู ู
ูููููู
ู ููููููุฃูุชูููู
ููููููู ุญูุจูููุง ุนูููู ุงูุซููููุฌู
โTatkala kami berada di sisi Rasulullah Shallallahu โalaihi wa sallam, tiba-tiba datang sekelompok pemuda dari Bani Hasyim. Ketika Nabi melihat mereka, kedua mata beliau berlinang air mata dan berubahlah roman mukanya. Maka aku katakan: โKami masih tetap melihat pada wajahmu sesuatu yang tidak kami sukai.โ Lalu beliau menjawab: โKami ahlul bait. Allah telah pilihkan akhirat untuk kami daripada dunia. Dan sesungguhnya sepeninggalku, keluargaku akan menemui bencana-bencana dan pengusiran. Hingga datang sebuah kaum dari arah timur, bersama mereka ada bendera berwarna hitam. Mereka meminta kebaikan namun mereka tidak diberi, lalu mereka memerangi dan mendapat pertolongan sehingga mereka diberi apa yang mereka minta, tetapi mereka tidak menerimanya. Hingga mereka menyerahkan kepemimpinan kepada seseorang dari keluargaku. Lalu ia memenuhi bumi ini dengan keadilan sebagaimana orang-orang memenuhinya dengan kezhaliman. Barangsiapa di antara kalian mendapatinya maka datangilah mereka, walaupun dengan merangkak di atas esโ.โ (HR. Ibnu Majah no. 4082, sanadnya hasan lighairihi menurut Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu dalam Adh-Dhaโifah, 1/197, pada pembahasan hadits no. 85)
As-Sindi mengatakan: โYang nampak, kisah itu merupakan isyarat keadaan Al-Mahdi yang dijanjikan. Oleh karena itu, penulis (Ibnu Majah) menyebutkan hadits ini dalam bab ini (bab keluarnya Al-Mahdi).โ
Ibnu Katsir rahimahullahu mengatakan: โDan orang-orang dari timur mendukung (Al-Mahdi), menolongnya dan menegakkan agamanya, serta mengokohkannya. Bendera mereka berwarna hitam, dan itu merupakan pakaian yang memiliki kewibawaan, karena bendera Rasulullah berwarna hitam yang dinamai Al-Iqab.โ (An-Nihayah fil Malahim, 1/17, Program Maktabah Syamilah)
Beliau juga mengatakan: โMaksudnya, Al-Mahdi yang terpuji yang dijanjikan keluarnya di akhir zaman asal munculnya adalah dari arah timur, dan dibaโiat di Kaโbah seperti yang disebutkan oleh nash hadits.โ (idem, 1/17)
Tentang tempat baiโatnya telah diisyaratkan oleh hadits Abu Hurairah radhiyallahu โanhu, Nabi Shallallahu โalaihi wa sallam bersabda:
โSeseorang dibaiโat di antara rukun (Hajar Aswad) dan Maqam (Ibrahim).โ (HR. Ibnu Hibban no. 6827, Ahmad, dan Al-Hakim; dan beliau menshahihkannya)
Ibnu Katsir rahimahullahu mengatakan: โBendera itu bukanlah yang dibawa Abu Muslim dari Khurasan yang kemudian menghancurkan dinasti Bani Umayyah pada tahun 132 H. Namun bendera hitam lain, yang datang mengiringi Al-Mahdi.โ (An-Nihayah, 1/17)
Wallahuโalam bis showab!
Sumber : Alfath.org
1 komentar so far
Warning!! SPAM has been detected!
EmoticonEmoticon